Kamis, 16 Agustus 2012

Asal mula timbulnya do’a

Menurut catatan sejarah, bahwa asal mula do'a itu bermula dari Nabi Adam. Mengenai hal ini telah disebutkan dalam kitab Khozinatul Asrar , bahwa setelah nabi ada diciptakan dan ditiup roh, kepadanya diajarkan cara berdo'a sebagaimana yang tersebut dalam surat Al-Fatihah yang artinya : "Ya Tuhanku, tunjukanlah aku jalan yang lurus, yaitu jalan mereka yang pernah memperoleh ni'mat dari-Mu, bukan jalan mereka yang engkau murkai, dan bukan jalan mereka yang sesat".

Kemudian dilanjutkan pula oleh Nabi Adam dan istrinya ketika mereka terkena bujuk rayu iblis melanggar larangan Allah hingga merekapun berdo'a "Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika engkau tidak mengampuni kami dan member rahmat kepada kami, niscaya kami tergolong orang-orang yang merugi".

Semenjak itulah mulai dikenal do'a dan digunakan oleh anak cucu adam, hingga kepada kita sekarang ini. Dan dengan demikian ibadat do'a itu hamper digunakan oleh seluruh bangsa manusia, sekalipun manusia yang tidak bertuhan kepada allah, merekapun berdo'a kepada selain-Nya.

0 komentar:

Poskan Komentar